فَشَارِبُوْنَ شُرْبَ
atau (شَرْبَ)
atau (شِرْبَ).
Ini adalah tiga dialek dalam kata ini.
Seperti dalam ayat lainnya:
(لَهَا شِرْبٌ وَلَكُم شِرْبٌ)
Sedangkan (شَرْبٌ) dengan huruf syin berharakat fathah, maknanya adalah sekelompok orang yang sedang minum sesuatu. Mereka disebut dengan (شَرْبٌ)
Adapun (الشُّرْبُ) adalah bentuk masdar (kata dasar) dari kata kerja (شَرِبَ يَشْرَبُ شَرْبًا).
“Ia meminum air”, dan kata dasarnya (شَرْبًا) dan (شُرْبًا).
Dikatakan, huruf syin (ش) dengan harakat fathah dan dhammah adalah kata dasar.
Ibnu Malik rahimahullah mengatakan, “Kata (فَعْلٌ) adalah wazan kata dasar dari fi’il muta’addi
dari fi’il tsulatsi (terdiri dari tiga huruf dasar), seperti kata (رَدَّ رَدًّا).”
Bentuk asal kata masdarnya adalah dengan fathah. Adapun (الشُّرْبُ) adalah isim masdar.
Dalam kata ini dikatakan bahwa keduanya adalah masdar, (شَرِبَ شًرْبًا وَشُرْبًا)
Dengan huruf syin (ش) yang berharakat fathah dan dhammah adalah masdar.
Yakni Ibnu Katsir, Ibnu ‘Amir, Abu Amr, dan al-Kisa’i membaca ayat ini dengan harakat fathah,
Sedangkan perawi qiraat lainnya membacanya dengan harakat dhammah.
Sedangkan kata (الْهِيْم) berarti unta yang sangat kehausan.
Makna asalnya adalah unta yang berjalan tersesat tanpa tahu arah tujuan
di padang pasir, tanah lapang, dan daerah gersang tak berpenghuni.
Unta itu berjalan tanpa arah tujuan sehingga mengakibatkannya sangat kehausan.
Ketika unta itu sampai ke sumber air, ia minum sebanyak-banyaknya.
Oleh sebab itu dikatakan, makna kata (الْهِيْم) yakni unta yang sangat kehausan.
====
فَشَارِبُوْنَ شُرْبَ أَوْ شَرْبَ أَوْ شِرْبَ
هَذِهِ الثَّلَاثُ اللُّغَاتُ فِي هَذِهِ
لَهَا شِرْبٌ وَلَكُم شِرْبٌ
وَشَرْبٌ بِفَتْحِ الشِّينِ هُمُ الْجَمَاعَةُ الشُّرَّابُ الَّذِيْنَ يَشْرَبُوْنَ يُقَالُ لَهُمْ شَرْبٌ
وَالشُّرْبُ يُقَالُ الْمَصْدَرُ شَرِبَ يَشْرَبُ شَرْبًا
شَرِبَ الْمَاءَ وَسَيَشْرَبُهُ شَرْبًا وَشُرْبًا
يَقُولُ بِفَتْحِ الشِّينِ وَضَمِّهَا مَصْدَرٌ
وَابْنُ مَالِكٍ رَحِمَهُ اللهُ يَقُولُ فَعْلٌ قِيَاسُ الْمَصْدَرِ الْمُعَدَّى
مِنْ ذِي ثَلَاثَةٍ كَرَدَّ رَدًّا
الْأَصْلُ الْفَتْحُ فِي الْمَصْدَرِ وَالشُّرْبُ اسْمُ الْمَصْدَرِ
وَهُنَا يَقُولُ كِلَاهُمَا مَصْدَرٌ شَرِبَ شَرْبًا وَشُرْبًا
بِفَتْحِ الشِّينِ وَضَمِّهَا مَصْدَرٌ
يَعْنِي بِالْفَتْحِ قَرَأَ ابْنُ كَثِيرٍ وَابْنُ عَامِرٍ وَأَبُو عَمْرٍو وَالْكِسَائِيُّ
وَغَيْرُهُمْ قَرَؤُوْا بِالضَّمِّ شُرْبٌ
الْهِيْمُ الْإِبِلُ الْعِطَاشُ
الْأَصْلُ فِيهَا أَنَّهَا الْإِبِلُ الْهَائِمَةُ عَلَى وَجْهِهَا
فِي الصَّحَارِي وَالْبَرَارِيِّ وَالْقِفَارِ
هَائِمَةٌ عَلَى وَجْهِهَا وَيَتَرَتَّبُ عَلَى ذَلِكَ الْعَطَشُ الشَّدِيدُ
فَإِذَا وَصِلَتْ إِلَى الْمَاءِ شَرِبَتْ شُرْبًا كَثِيرًا
وَلِذَا قَالَ الْهِيْمُ الْإِبِلُ الْعِطَاشُ